Kajinews, Makassar _ Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Kota Makassar, Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM) ternyata aktif turun ke masyarakat sekitar.

Ilmu yang diperoleh para mahasiswa di kampus dapat pula dirasakan asas manfaatnya oleh masyarakat secara langsung melalui metode penerapan ilmu.

Dalam prakteknya, penerapan ilmu ke masyarakat secara langsung disebut dengan istilah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Untuk itu, pihak UCM melakukan kunjungan ke Kelurahan Barombong. Kali ini, dua dosen mereka yakni Mughni Latifah SE, M.Si dan Dr Khairun Nisa S.Pi, M. Si diutus.

Pelaksanaan kegiatan PKM akan dihadiri dua dosen UCM dan beberapa mahasiswa. Pada kegiatan itu akan disosialisasikan metode pembuatan pupuk MOL sampah rumah tangga.

See also  LSM PSOD Soroti Kinerja Dikbud Pinrang

Disela-sela pertemuan dengan Lurah Barombong Jauzi, Dr Khairun Nisaa menyampaikan bahwa sampah rumah tangga akan diolah dan dicampur dengan gula merah sehingga terjadi fermentasi.

Menurutnya, para mahasiswa nantinya akan memberikan materi sekaligus contoh pembuatan pupuk MOL.

“Kami juga akan mempersiapkan bahan penelitian untuk masyarakat agar bisa memahami bagaimana caranya membuat dqn mengelola pupuk MOL,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Lurah Barombong Jauzi mengatakan, hadirnya Dosen Cokroaminoto sangat membantu masyarakat yang ada di kelurahan barombong. Hal itu dikarnakan, warga nantinya bisa menghasilkan sendiri pupuk MOL.

Lanjut, Jauzi menyebutkan bahwa hadirnya UCM adalah dalam rangka memberikan pembelajaran buat warga barombong. / Rahmayadi