Kajinews, Bajeng  _  Dirjen Sarana dan Prasarana Pertanian Kementerian Pertanian RI hari ini menyerahkan bantuan bagi Kelompok Tani se-Kabupaten Gowa berupa mesin pertanian untuk pra dan pasca panen di Desa Maccini Baji, Bajeng Kabupaten Gowa.

Penyerahan Alsintan dilakukan langsung Anggota Komisi XI DPR RI, HM Amir Uskara didampingi Sekkab Gowa, Muchlis, AKN IV BPK RI, Prof Dr H Rizal Djalil dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Ditjen Sarana dan Prasarana Ir Bustanul Arifin Caya MDM.

Dalam sambutannya, Muchlis menyampaikan bahwa Kabupaten Gowa enam kali secara berturut-turut mendapatkan penghargaan dari bapak Presiden dengan peningkatan produksi padi rata-rata 5 % setiap tahunnya dari target Dinas Pertanian Provinsi Sulsel.

See also  Bantu Atasi Masalah Hukum, Kejari Gowa MoU dengan Perum Bulog

“Pencapaian tersebut tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Pusat dan peran aktif dari seluruh komponen daerah, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat, terutama Kelompok Tani dan Gapoktan. Untuk mempertahankan capaian tersebut, mewujudkan swasembada pangan, maka kita masih memiliki permasalahan dan tantangan seperti terbatasnya alat dan mesin pertanian. Alhamdulillah, pada hari ini, tantangan tersebut terjawab. Mewakili pemerintah kabupaten, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kemajuan pertanian di Kabupaten Gowa.” ujar H Muchlis.

Ditempat yang sama, AKN IV BPK RI dalam sambutannya, mengapresiasi perkembangan yang ada di Indonesia Timur, terkhusus Sulawesi Selatan.

“Sulawesi Selatan merupakan tonggak pembangunan di Indonesia khususnya Indonesia Timur, terbukti, meningkatnya pembangunan dan kesejahteraan di berbagai sektor dan yang paling menonjol adalah sektor pertanian. Khusus Kabupaten Gowa, sebagai daerah penyangga pangan di Sulsel, yang hari ini mendapatkan bantuan Alsintan agar berupaya meningkatkan produksi pertanian,” jelas Prof Rizal Djalil.

See also  Tak Terjangkau, Ruas Jalan Poros Pallangga-Limbung Rawan Kecelakaan

Sementara, Direktur Alat dan Mesin Pertanian Ditjen Sarana dan Prasarana Pertanian Kementerian Pertanian RI, menyampaikan bahwa, pemberian alat pertanian merupakan realisasi kerja Kementerian Pertanian, kepada petani khusus yang ada di Gowa, sebagai wujud dukungan dalam meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani.

“Kepada seluruh penerima bantuan, saya berharap agar melakukan perawatan terhadap alat dan mesin yang diberikan,” harap direktur.  / Rangga