Piala Dunia 2018 telah berakhir. Even olahraga sepak bola empat tahunan yang menampilkan kemampuan mengolah si kulit bundar masing-masing negara yang lolos ke piala dunia di Rusia. Hasilnya, Francis kembali jadi juara untuk kedua kalinya setelah 1998 lalu.

Dibelahan dunia lain, Indonesia akan menyelenggarakan Asian Games ke-18, pada Sabtu (18/8/18) di Jakarta dan Palembang. Pesta olahraga bagi negara-negara di benua Asia tersebut juga merupakan ajang menampilkan keahlian berolahraga yang diselenggarakan sekali dalam empat tahun sejak tahun 1951. Tahun ini ada 40 cabang olahraga akan dipertandingkan.

Sebagai tuan rumah, Indonesia tentu saja tak mau kehilangan momen penting ini. Atlet Indonesia akan bertaruh hidup mati untuk mendulang medali sebanyak-banyaknya agar jadi juara.

See also  Pinrang Siap Jadi Tuan Rumah Yang Baik

Sementara di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, saat ini pemerintah sedang lakukan perombakan total Lapangan Syekh Yusuf Discovery. Tidak main-main, lebih kurang 14 milyar rupiah APBD dikucurkan selain untuk percantik ikon kabupaten juga untuk benahi fasilitas olahraga yang ada di lapangan tersebut.

Salah seorang penggiat olahraga sepakbola di eranya dan pemerhati olahraga dikekinian mengapresiasi perkembangan prestasi olahraga di kabupaten ini. Menurutnya, kabupaten gowa untuk beberapa dekade ini minim prestasi olahraga.

Ia yang tak mau disebutkan namanya menyebutkan bahwa ada empat indikator yang diperlukan jika ingin meningkatkan prestasi olahraga di gowa. Pertama, sarana dan prasarana olahraga yang memadai. Kedua, kompetisi rutin untuk menjaring pemain berbakat dan ketiga adalah seleksi ketat. Yang terakhir, perhatian pemerintah dan masyarakat dalam pembinaan olahraga.

See also  Tidak Pernah Kalah, Perspin Pinrang Juara Grup F Piala Soeratin 2018

Ia menyebut kalau dieranya, atlet olahraga kabupaten ini sangat diperhitungkan daerah lain. Hal itu disebabkan karena pemerintah dan elemen masyarakat punya kepedulian terhadap prestasi olahraga,  jauh berbeda dengan sekarang.

“Alhamdulillah, saat ini pemerintah kabupaten sepertinya peduli dengan olahraga dan prestasi. Beberapa cabang olahraga dan fasilitas kembali dibenahi. Hal itu menunjukkan kalau pemerintah kita tidak mau ketinggalan meraih prestasi olahraga,” ujarnya.

Akan tetapi, menurut dia, itu belum seberapa. Masih ada beberapa poin yang menjadi satu bagian penting jika ingin meraih prestasi di olahraga. Masih diperlukan tiga hal, yakni Kompetisi, seleksi ketat dan bermutu serta kepedulian langsung beberapa pihak. Diantaranya, menurut dia adalah para pengusaha lokal.  / Rangga