Kajinews, Pasangkayu  _  Pasca Idulfitri 1439 Hijriah, tim gabungan yang terdiri dari Dinas Perhubungan bersama Polres Pasangkayu dan TNI lakukan Operasi Cek Fisik terhadap  kendaraan bermotor, pada Jum’at (22/06/2018).

Kali ini, arus balik kendaraan dari Makassar arah Palu  yang dilakukan pemeriksaan. Kepala Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Pasangkayu, Sudirman S.Sos mengatakan bahwa pihaknya bersama Polres Pasangkayu memeriksa kelengkapan dan laik jalan kendaraan berupa rem, ban, dan teknis lainnya.

Dari hasil pemeriksaan, didapati adanya kendaraan yang memakai ban vulkanisir namun kali ini, baik pengemudi maupun kendaraan yang terkena operasi tidak diberikan tindakan ataupun sanksi.

“Saya bersama Kasat Lantas hanya memberikan teguran, namun, setelah ini kami akan menindaklanjuti setelah suasana lebaran usai. Kedepan, kami bersama Lantas Polres akan lakukan tindakan tegas guna menertibkan kendaraan demi keselamatan berlalulintas,” beber Sudirman.

See also  Berkolaborasi, Oknum Pejabat dan PT Letawa Permainkan Nasib Warga Desa Lariang

Kurangnya disiplin pengemudi yang tidak memperhatikan keadaan fisik kendaraannya sehingga tidak layak jalan diantaranya adalah ban yang gundul, rem tidak pakem, emisi gas bermasalah, maupun kelengkapan keamanan lainnya yang tidak dimiliki. Jika hal tersebut dibiarkan maka dapat dibayangkan bahwa keselamatan pengemudi dan penumpang akan terancam saat lakukan perjalanan.

Dari hasil pantauan bersama jajaran Polres, Dinas Perhubungan dan TNI serta media di Pasangkayu terhadap arus mudik maupun arus balik lebaran pada 1439 Hijriah kali ini terpantau aman dan terkendali. Kasat Lantas Polres Pasangkayu, AKP Douglas HA Tuhuleruw, SIK saat ditemui pekerja media menyampaikan bahwa Operasi Ketupat di Kabupaten Pasangkayu aman terkendali khususnya memasuki H+7 arus balik.

See also  Kemandirian Nasional dan Globalisasi Ekonomi

Pihaknya bersama instansi terkait yakni Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan dalam operasi tersebut telah lakukan cek point berupa cek pengemudi dan cek kendaraan pada arus mudik dan arus balik.

“Kami tadi lakukan cek kendaraan khususnya kendaraan arus balik dari Makassar ke arah Palu. Kepada para pengemudi, kami sarankan untuk lakukan cek kesehatan. Selain itu, kepada pengemudi kami juga sarankan setiap empat jam sekali agar beristirahat di cek poin yang ada. Pihak kami juga menyampaikan agar jangan memaksakan diri mengemudi saat mengantuk,” ungkap Douglas.  / Jamal