Home Hot Issue Pasca Bencana, Staf Ahli Mensos RI Kunjungi Sulsel

Pasca Bencana, Staf Ahli Mensos RI Kunjungi Sulsel

Kajinews, Sungguminasa  _  Pasca banjir yang terjadi di Sulsel pada, Selasa (22/01/2019) lalu, Staf Ahli Kementerian Sosial RI Bidang Teknologi Kesejahteraan Sosial kunjungi beberapa daerah di Sulsel.

Hari ini, Kamis (24/01/2019) Prof Dr Syahabuddin MAg tiba di Makassar. Dia bersama rombongan selanjutnya melakukan kunjungan ke Posko Tagana Gowa setelah melakukan kunjungan di Kota Makassar.

Di Posko Tagana Gowa Prof Syahabuddin menyampaikan bahwa keberadaannya di Sulsel dalam rangka monitoring bencana alam di delapan kabupaten/kota.

Lebih jauh, Prof Syahabuddin menyebutkan kalau dia bersama rombongan akan monitoring bencana alam di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Maros, Pangkep, Barru serta Kabupaten Soppeng.

Sesuai amanah UU Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana, dimana, tupoksi Kemensos menyiapkan logistik ketika terjadi pengungsian. Menurut putra daerah asal sulsel ini, itu merupakan pemenuhan kebutuhan dasar.

Tupoksi selanjutnya, kata dia adalah tim layanan dukungan psikososial dan Tagana dengan Dunlap (dapur umum lapangan).

Berdasarkan amanah Jokowi-Jk melalui Nawacita yang bertujuan memberikan rasa aman bagi seluruh rakyat indonesia, dimana, Tagana yang merupakan pengejawantahan Kemensos hadir memberikan pelayanan dengan memberikan rasa aman rakyat terdampak bencana.

Prof Syahabuddin menyebut Tagana (relawan tanpa gaji) adalah pekerja sosial yang membantu masyarakat terdampak musibah/bencana. Tugasnya adalah mengurangi resiko-resiko mitigasi ataupun kesiapsiagaan.

Untuk itu, terkait tanggap darurat kebencanaan, Prof Syahabuddin berharap Tagana tidak mengabaikan pengungsi.

Dia juga berharap agar para pengungsi diberikan layanan dukungan psikososial terhadap lansia dan anak-anak yang mengalami depresi akibat bencana.

Sebagai bantuan stimulan, setiap korban meninggal akibat bencana alam, akan mendapatkan santunan ahli waris 15 Juta Rupiah dari Kementerian Sosial RI.

“Untuk rehab rekon rumah rusak akan dibantu oleh pemerintah melalui PUPR,” pungkas Prof Syahabuddin. / Larasati M

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Pokja & PPK Dinas PUPR Jeneponto Dapat Kritik Tajam Dari Lsm Kompleks

Kaji-News, Jeneponto | Proyek Pembangunan Infrastruktur Trotoar/Pedestrian Jalan/Drainase paket IV (empat) Dinas Pekerjaan Umum dan Penetaan Ruang Bidang Bina Marga Kabupaten Jeneponto tahun anggaran...

Lampu Jalan Tidak Berfungsi Normal, Jembatan Kuning Bak Jembatan Bolong

Kajinews, Mamuju  _  Jembatan di kaki Gunung Gandang Dewata yang melintas diatas Sungai Takandeang itu adalah pengganti Jembatan Bolong. Namanya Jembatan Kuning. Terletak di...

Tak Penuhi Espektasi Masyarakat, Jembatan Kuning Mamuju Terabaikan

Kajinews, Mamuju  _  Jembatan dengan konstruksi kolong pertama di Indonesia, Jembatan Kuning bukan hanya kebangaan Sulbar tapi kebangaan masyarakat Indonesia. Sayangnya, saat ini, pengemudi roda...

Letkol Nav Janur Yudo Anggoro MTr (Han) Jabat Danskadik 403 Lanjut Adi Sumarmo

Kajinews, Mamuju  _  Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Adrian P Damanik ST memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Skadron Pendidikan (Danskadik) 403 Lanud...

Kisruh Tambang di Pinrang, Kajati Sulsel Mengaku Berkoordinasi dan Bekerjasama Beberapa Pihak

Kajinews, Mamuju  _  Terkait permasalahan tambang yang ada di wilayahnya, Kajati Sulsel Firdaus Dewilmar SH MH menyampaikan kalau pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa...
%d bloggers like this: