Kajinews, Sungguminasa  _  Kini air bersih mengalir ke sejumlah rumah di tiga kelurahan di Kecamatan Somba Opu.

Sembilan titik yang dimaksud yakni, Samata dua titik, Romang Polong satu titik, Mawang satu titik, Pandang-pandang satu titik, Paccinongan satu titik, Katangka dua titik, dan Tombolo satu titik.

Hal tersebut dapat terwujud berkat adanya Program KotaKu (Kota Tanpa Kumuh) dan terbentuknya
Kelompok Pemeliharaan dan Pemanfaat (KPP)

Di Kelurahan Katangka, KPP Bontobiraeng bersama masyarakat bersinergi membuat reservoir (bak cadangan air) dengan kapasitas 9 kubik air dalam 24 jam-nya.

Unit Pengelolaan Lingkungan Kelurahan Katangka Abd Rahman Dg Masikki mengatakan, keberadaan reservoir yang mampu menjangkau 43 rumah tersebut atas swadaya masyarakat dan Bantuan Dana Investasi (BDI) serta dana cosharing (APBD Gowa).

“Alhamdulillah, mereka (masyarakat) kini menikmati air dan membayar sesuai penggunaan air di meteran,” ungkapnya, Senin (3/12/2018)

Untuk pengembangan reservoirnya, KPP Bontobiraeng mengembangkan usaha air kemasan melalui sistem Reverse Osmosis (RO). Selain itu, juga tersedia Hydrant (cadangan air untuk antisipasi kebakaran).

Ditempat yang sama, Lurah Katangka Karmila mengungkapkan, Katangka merupakan daerah bebatuan membuat warga mesti membeli air bersih untuk keperluan sehari-hari.

“Berkat kerja keras masyarakat dan Program KotakKu, alhamdulillah, sekarang 43 rumah bisa menikmati air bersih 24 jam non stop. Semoga bisa dimanfaatkan untuk jangka panjang,” harap Karmila.

Dg Baji (masyarakat penerima manfaat air bersih) mengaku sangat senang, karena ia kini, bisa menikmati air bersih.

“Menikmati air bersih bagi kami seperti mimpi, sekarang, mimpi jadi kenyataan,” katanya.

Kabag Humas Kerjasama Setkab Gowa Abdullah Sirajuddin yang meninjau Proyek Air Bersih tersebut mengatakan, sangat salut dengan kerja kolaborasi yang dilakukan Korkot Kotaku di Kecamatan Somba Opu.

Hal itu dibuktikan, dimana, kelurahan yang mengalami krisis air bersih, kini sudah mampu miliki sumber air bersih dalam bentuk reservoir.

“Semuanya ada sembilan titik. Semoga sarana air bersih membawa manfaat besar bagi masyarakat sekitar,” jelas Abdullah Sirajuddin.

Terpisah, Korkot Kotaku Wilayah Gowa Takalar Nurliah Ruma mengatakan, yang dilakukan masyarakat secara swadaya tersebut merupakan hasil pengembangan dan perubahan mindset masyarakat.

“Kita berharap kerja kerja cerdas masyarakat tumbuh dan diikuti warga lainnya sebab semuanya akan kembali dinikmati masyarakat sendiri,” jelas Nurliah Ruma.

Selain mengunjungi Kelurahan Katangka, Kabag Humas Setkab Gowa didampingi Kasubag Peliputan Humas Gowa, dan Kasubag Pengaduaan Humas Gowa juga mengunjungi Kelurahan Pandang-Pandang, dan Kelurahan Tamarunang untuk mengecek pengadaan air bersih itu. / Larasati M

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here