Home Pemerintahan Menakar Kepuasan Masyarakat Melalui Delapan Layanan Kesehatan

Menakar Kepuasan Masyarakat Melalui Delapan Layanan Kesehatan

Kajinews, Sungguminasa  _  Hingga kini, Pemerintah Kabupaten Gowa berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada 753.935 jiwa penduduknya dalam rangka mewujudkan masyarakat gowa yang lebih baik dan makin sejahtera disemua lini pembangunan termasuk kesehatan.

Khusus pelayanan kesehatan, ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) serta sarana dan prasarana medis patut menjadi standar penting mengukur kesiapan jangkauan pelayanan medis di rumah sakit.

RSU Syekh Yusuf hingga akreditasi 2017, merupakan rumah sakit Type B yang memiliki  ketersediaan  Dokter Umum sebanyak 13 orang dan 33 orang Dokter Spesialis serta Dokter Gigi sebanyak 5 orang. Selain itu, RSU Syekh Yusuf juga memiliki Tenaga Paramedis seperti Perawat sebanyak 131, Perawat Gigi 3 orang dan Tenaga Bidan sebanyak 42 orang, Analis Kesehatan 18 orang, Radiografer 12 orang, Ahli Gizi 13 orang, Tenaga Farmasi 22 orang, Perekam Medik 8 orang, Fisioterafis 7 orang dan Tenaga Administrasi sebanyak 56 orang.

Demikian halnya dengan data pasien rawat jalan dan rawat inap. Hingga akhir 2017 lalu, sebanyak 83.343 pasien rawat jalan dan 16.667 pasien rawat inap mendapatkan pelayanan di rumah sakit ini.

Terkait sarana prasarana, Rumah Sakit Umum Syekh Yusuf memiliki Layanan IRD, Rawat Jalan, Rawat Inap, PR III (Nifas, KB dan Perinatology), Farmasi, Fisioterapi, Laboratorium, Radiologi, Kamar Operasi (OK), CSSD, ICU, Kamar Jenazah. Selain itu, pemerintah kabupaten saat ini membangun gedung lantai tujuh yang pembangunannya dimulai pada 2017 lalu.

Hal tersebut menggambarkan bagaimana SDM dan sarana prasarana serta layanan kesehatan terhadap masyarakat yang diberikan oleh pemerintah daerah melalui Rumah Sakit Umum Syekh Yusuf yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Direktur Rumah Sakit Umum Syekh Yusuf, dr H Salahuddin MKes

Dalam penjelasannya, Direktur Rumah Sakit Umum Syekh Yusuf, dr. H. Salahuddin, M.Kes menyampaikan bahwa melalui  Visi rumah sakit, yakni “Terwujudnya Rumah Sakit yang Berkualitas dan Berdaya Saing” yang mana, sejak 9 Desember 2011 telah memperoleh Akreditasi. Dengan demikian, Rumah Sakit Umum Syekh Yusuf wajib memberikan pelayanan maksimal sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Untuk menakar tingkat kepuasan masyarakat akan layanan kesehatan, manajemen rumah sakit melalui program monitoring dan evaluasi yang jadi bagian dari Program dan Informasi memberikan kusioner bagi 2117 responden pada periode 01 Januari hingga 31 Desember 2017.

Jujur diakui bahwa tujuan survei adalah untuk memperoleh gambaran secara objektif terhadap kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Sekaligus, harsil survei akan digunakan sebagai bahan penyusunan indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang sangat bermanfaat bagi pemerintah maupun masyarakat itu sendiri.

Kepala Bagian Program dan Informasi Rumah Sakit Syekh Yusuf, DR H Muh Taslim SKM MKes

Terkait SPM dan sejauh mana kepuasan masyarakat terhadap pelayanan, Kepala Bagian Program dan Informasi Rumah Sakit Syekh Yusuf, DR. H Muh Taslim, SKM, M.Kes menjelaskan bahwa pihaknya memberikan sembilan macam pertanyaan kepada responden terhadap delapan jenis layanan. Contoh pertanyaan seperti persyaratan pelayanan, prosedur pelayanan, waktu pelayanan, biaya/tarif, produk spesifikasi jenis layanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, maklumat pelayanan dan penanganan pengaduan serta saran dan masukan adalah materi kusioner.

Dari hasil survey, secara umum masyarakat menggambarkan tingkat kepuasan akan layanan yang mereka terima menunjukkan hal positif atau kategori baik.

“Memang, jawaban yang muncul sangat beragam, namun secara umum masyarakat mengaku puas akan pelayanan yang mereka terima,” beber Doktor lulusan S3 Kedokteran Unhas tersebut.

Ia mengakui kalau apa yang dilakukannya sudah sesuai dengan Kepmenpan Nomor 25 Tahun 2004 dan Permenpan Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Berikut, inilah hasil survey tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan publik di Rumah Sakit Umum Syekh Yusuf.

Nilai rata-rata yang diperoleh unsur pelayanan

Pendapat responden tentang pelayanan publik

 

Nilai rata-rata unsur pelayanan radiologi

Nilai rata-rata unsur pelayanan rawat inap

Nilai rata-rata unsur pelayanan IGD

Nilai rata-rata unsur pelayanan rawat jalan

Apa yang dilakukan manajemen rumah sakit melalui bagian program dan informasi diharap jadi tolak ukur, dimana, informasi yang berhasil dihimpun dari masyarakat secara acak dapat menjadi masukan bagi pemerintah. Sehingga kebutuhan masyarakat dan upaya pemerintah daerah dalam menyediakan dan memberikan pelayanan maksimal sesuai maksud pemerintah mewujudkan masyarakat gowa yang lebih baik dan makin sejahtera bisa sejalan dengan visi rumah sakit yakni terwujudnya rumah sakit yang berkualitas dan berdaya saing.  / Rangga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Pokja & PPK Dinas PUPR Jeneponto Dapat Kritik Tajam Dari Lsm Kompleks

Kaji-News, Jeneponto | Proyek Pembangunan Infrastruktur Trotoar/Pedestrian Jalan/Drainase paket IV (empat) Dinas Pekerjaan Umum dan Penetaan Ruang Bidang Bina Marga Kabupaten Jeneponto tahun anggaran...

Lampu Jalan Tidak Berfungsi Normal, Jembatan Kuning Bak Jembatan Bolong

Kajinews, Mamuju  _  Jembatan di kaki Gunung Gandang Dewata yang melintas diatas Sungai Takandeang itu adalah pengganti Jembatan Bolong. Namanya Jembatan Kuning. Terletak di...

Tak Penuhi Espektasi Masyarakat, Jembatan Kuning Mamuju Terabaikan

Kajinews, Mamuju  _  Jembatan dengan konstruksi kolong pertama di Indonesia, Jembatan Kuning bukan hanya kebangaan Sulbar tapi kebangaan masyarakat Indonesia. Sayangnya, saat ini, pengemudi roda...

Letkol Nav Janur Yudo Anggoro MTr (Han) Jabat Danskadik 403 Lanjut Adi Sumarmo

Kajinews, Mamuju  _  Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Adrian P Damanik ST memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Skadron Pendidikan (Danskadik) 403 Lanud...

Kisruh Tambang di Pinrang, Kajati Sulsel Mengaku Berkoordinasi dan Bekerjasama Beberapa Pihak

Kajinews, Mamuju  _  Terkait permasalahan tambang yang ada di wilayahnya, Kajati Sulsel Firdaus Dewilmar SH MH menyampaikan kalau pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa...
%d bloggers like this: