Kajinews, Sungguminasa  _  Keharmonisan dalam keberagaman berfungsi untuk mengurangi gap sosial ditengah masyarakat. Peran Dinas Sosial, dalam hal menjaga keharmonisan begitu penting. Selain itu, aparat keamanan di Desa/Kelurahan seperti Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga turut andil menjaga keharmonisan dan keserasian sesuai tupoksinya masing-masing.

Tentu saja, point penting dari keharmonisan dan keserasian dalam keberagaman, yakni nilai atau norma adat harus dilestarikan. Seperti daerah lain, masyarakat sulawesi selatan sangat menjaga dan menjunjung tinggi norma warisan leluhur, seperti Siri na Pacce (rasa malu dan peduli terhadap sesama), Sipakatau ( rasa saling menghargai).

Nilai-nilai tersebut akan menimbulkan rasa kasih dan sayang serta rasa saling menghormati, sehingga mewujudkan keharmonisan dan keserasian hidup di tengah masyarakat.

Pelopor Perdamaian dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Gowa yang melekat di Dinas Sosial kabupaten, punya andil besar dalam menjaga keharmonisan dan keserasian dalam keberagaman masyarakat dalam bentuk, kerja nyata. Melalui program  Keserasian Sosial, Forum Keserasian Sosial Kelurahan Kalebajeng Kecamatan Bajeng, pada Sabtu (01/12/2018) kemarin, lakukan kegiatan Sarasehan Keserasian Sosial dengan mengambil tema “ Keharmonisan dalam Keberagaman “.

Kegiatan yang dilaksanakan forum Keserasian sosial Kalebajeng bekerjasama Dinas Sosial Kabupaten Gowa tersebut, merupakan program bantuan hibah dari Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial, yang bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai kearifan lokal dan menggelorakan kembali semangat gotong royong di tengah masyarakat.

Sebelumnya, Forum Keserasian Kelurahan Kalebajeng melaksanakan kegiatan perbaikan jalan di Lingkungan Coring Kelurahan Kalebajeng, melalui pemasangan Paving Blok.

Hadir sebagai narasumber, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Sulsel Andi Abdul Rahman Saleh SH menyampaikan bahwa, berkat perjuangan dan demi kepentingan masyarakat, Kabupaten Gowa mendapatkan tiga Keserasian Sosial (KS), yakni di Kecamatan Bungaya, Kecamatan Pattallassang dan Kecamatan Bajeng.

“Hal tersebut karena kabupaten gowa sebagai penyanggah Makassar Ibukota Provinsi,” ujar Abdul Rahman.

Pada intinya, kata dia, semuanya bertujuan untuk kebersamaan, gotong royong melalui saling memahami untuk menopang pembangunan yang berkelanjutan. Untuk itu, Abdul Rahman Saleh menyampaikan terimakasihnya atas peran aktif semua elemen masyarakat kabupaten gowa sehingga program tersebut dapat terlaksana dengan baik. Ia berjanji akan meningkatkan program keserasian sosial di tahun mendatang.

Kadis Sosial Kabupaten Gowa H Syamsuddin Bidol SSos MSi MH dalam sambutannya, menyampaikan bahwa selaku Kepala Dinas, ia telah melaporkan ke Bupati Gowa Adnan capaian program dinas sosial yang ada di delapanbelas kecamatan.

“Dalam kesempatan tersebut, Bupati Gowa Adnan mengamanahkan agar dipenuhi kebutuhan masyarakat, pemenuhan kebutuhan yang bermanfaat dan pemenuhan kebutuhan yang tidak melanggar aturan,” beber Syamsuddin.

Sehubungan hal tersebut, berdasarkan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial, maka, dinas sosial memiliki tanggungjawab memenuhi kebutuhan material, spiritual dan sosial. Untuk itu, Syamsuddin menyebutkan bahwa, pihaknya secara rutin lakukan Jum’at Ibadah, pemberdayaan sosial, Program Keluarga Harapan, KIS dan Rastra serta perbaikan data melalui Basis Data Terpadu.

Diujung penyampaiannya, Kadis Sosial Kabupaten berpesan agar semua elemen masyarakat menjaga sikap dan perilaku yang amanah, kendalikan emosi, tidak mudah mengeluh dan selalu bekerja sama.

Muhammad Jufri SSi pada kesempatan itu menyampaikan bahwa sarasehan keserasian sosial berfungsi sebagai sarana rembuk warga guna membicarakan permasalahan sosial yang ada disekitar mereka.

“Hal tersebut merupakan deteksi dini, sekaligus pencegahan terjadinya konflik internal diantara warga,” ujar pendamping keserasian sosial desa itu.

Melalui sarasehan keserasian sosial kali ini, masyarakat sangat berharap dan meminta kegiatan serupa dapat ditingkatkan dimasa mendatang.  /  Larasari M

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here