Kajinews, Sungguminasa _ Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan akan mendaftarkan tenaga honorer empat SKPD di BPJS Ketenagakerjaan.

Hal itu terungkap saat dirinya menerima audiens BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sulawesi – Maluku di Rujab Bupati Gowa pada, Selasa (11/12/2018).

SKPD yang dimaksud diantaranya adalah Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Selain mengaku salut dengan BPJS Ketenagakerjaan, menurutnya BPJS sangat baik digunakan bagi pekerja, apalagi iuran perbulannya sangat terjangkau Rp 5.400 perbulan.

“Terus terang saya sangat salut, insyaallah saya akan arahkan semua pekerja dan honorer keempat dinas itu untuk menggunakan bpjs ketenagakerjaan, termasuk petugas kebersihan, guru honorer, dan aparat-aparat desa,” beber Adnan.

See also  Festival Bedug Gowa Dibuka, Rp 30 Juta Menanti Juara Pertama

Adnan mengaku akan memanggil satu persatu keempat dinas terkait untuk mengidentifikasi siapa saja tenaga teknis atau honorer yang belum terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagajerjaan Sulawesi – Maluku Sudirman Simamora, membeberkan keuntungan yang didapatkan dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Sangat banyak perlindungan yang didapatkan dengan hanya Rp 5.400 perorang perbulan. Seperti, saat kecelakaan kerja dalam perjalanan rumah ketempat kerja sampai pulang, jika terjadi kecelakaan maka semua biaya kami yang tanggung hingga benar-benar sembuh,” ungkapnya.

Tak hanya itu, apabila pekerja mengalami kecelakaan kerja hingga meninggal maka akan mendapatkan santunan kematian sebesar upah kerja dikali 48.

“Misalnya kecelakaan, lalu meninggal, itu akan mendapatkan santunan hingga Rp 67,8 juta, karena jika upah kerja honorer Rp 1 juta dikali 48 menjadi Rp 48 juta ditambah santunan berkala Rp 4,8 juta, biaya penguburan Rp 3 juta, dan apabila memiliki anak akan mendapatkan beasiswa pendidikan sebesar Rp 12 juta, sehingga total yang didaptkan Rp 67,8 juta,” tambah Sudirman Simamora.

See also  Pandangan Dan Kesimpulan Hakim PN Jeneponto Keliru Dalam Putusan

Bahkan, kata Sudirman, apabila meninggal karena sakitpun akan mendapatkan santunan dengan total Rp 24 juta dengan rincian biaya pemakaman Rp 3 juta, santunan berkala Rp 4,8 juta dan santunan kematian Rp 16,2 juta.

Ditempat yang sama Pemasaran Keuangan TI BPJS Ketenakerjaan Gowa, Sulis Indrayani mengatakan, saat ini dinas yang sudah terdaftar yakni Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Sosial, dan Satpol PP. / Larasati M