Sungguminasa, Kaji-news.com – Keluhan pihak rekanan pada proses lelang pengadaan barang dan jasa pemerintah di kabupaten gowa mendapat perhatian L-KAJI.

Melalui Ketua Umumnya, S Mochtar menyampaikan bahwa semestinya pihak ULP Kabupaten Gowa bisa independen dalam melaksanakan tender pada pengadaan barang jasa yang ada.

Dia menduga ada upaya-upaya pengaturan dalam tender dan ada kesan suatu proyek sudah diketahui siapa pemiliknya, jika mengacu pada pengakuan rekanan di kabupaten itu.

Jika keluhan rekanan benar adanya maka dapat dipastikan bahwa ULP Gowa telah mematikan dunia usaha dengan menciptakan persaingan usaha tidak sehat.

“Kuat dugaan, ada pengaturan pada tender proyek di ULP. Bahkan, jika mengacu pada pengakuan pihak rekanan, pemenang sudah bisa diprediksi bahkan diketahui, siapa punya apa”, ujarnya.

See also  Kepala LPMP Sulsel : Gowa Kabupaten Pendidikan Terkendala UNBK

L-KAJI menilai bahwa semestinya, ULP bertindak independen dan bekerja profesional tanpa tekanan dari siapapun dan dari manapun.

Untuk itu L-KAJI meminta pemerintah kabupaten untuk membantu dan mengawasi kerja-kerja ULP demi mewujudkan good governance.

Untuk diketahui, good governance adalah suatu penyelenggaraan manajemen pembangunan yang solid dan bertanggung jawab yang sejalan dengan prinsip demokrasi dan pasar yang efisien.

“Bantuan dan pengawasan pemerintah tentu saja bertujuan untuk menciptakan tata pemerintahan yang baik. Dalam Good governance, ada disiplin anggaran serta penciptaan legal dan politican framework bagi tumbuhnya aktivitas usaha”, ungkap Ketum L-KAJI.

Lebih jauh, S Mochtar menyampaikan bahwa dengan good governance ada upaya penghindaran salah alokasi dana investasi dan pencegahan korupsi baik secara politik maupun administratif.

See also  Bupati Gowa: Mengawasi Keamanan dan Ketertiban, Comment Centre dan Peace Centre Dapat Diintegrasikan

Sehingga, jika itu terjadi, kata dia, ada keyakinan bahwa telah tercipta clean goverment, dimana, masyarakat dapat melihat pemerintahan telah berjalan bersih dan berwibawa. / Rangga