Kajinews, Selayar  _  Sesuai ketentuan tahapan yang dikeluarkan KPU RI, maka KPU Kepulauan Selayar pada, Senin (02/07/2018) telah resmi mengumumkan persyaratan pengajuan calon anggota legislatif.

Koordinator divisi sosialisasi KPU Kabupaten Kepulauan Selayar menyampaikan bahwa tahapan pengumuman persyaratan pengajuan calon anggota legislatif mulai dilakukan pada hari Minggu sampai Selasa (01-03/07/2018).

Menurut koordinator divisi hukum, pengumuman persyaratan tersebut akan disebar di tempat-tempat umum, lokasi keramaian seperti pasar, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, gedung pelayanan publik, masjid, gereja termasuk juga di setiap angkutan pedesaan.

Kegiatan dimaksud telah didesign sedemikian rupa bahkan dengan menggunakan mobil operasional KPU, termasuk pemasangan banner, baliho dan pemasangan selebaran di tempat terbuka yang mudah dilihat masyarakat.

See also  KPU Kepulauan Selayar Buka Pendaftaran Bacaleg Sejak 04-07 Juli 2018

Selain mengumumkan persyaratan bakal calon anggota legislatif, KPU juga telah merencanakan pelaksanaan kegiatan sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) No. 20 Tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota sebagai pedoman dasar dalam pelaksanaan tahapan pencalonan anggota legislatif pada 2019 mendatang.

Setelah melakukan kegiatan sosialisasi dimaksud, KPU akan melangkah ke tahapan pengajuan bakal calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dalam menyongsong penyelenggaraan pemilu 2019.

Beberapa bentuk persiapan akan dilakukan KPU Kepulauan Selayar untuk menyukseskan tahapan pengajuan bakal calon anggota legislatif mulai dari penyiapan formulir pencalonan sampai kepada penyiapan daftar nama rumah sakit yang bersyarat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan yang merupakan salah satu bentuk upaya pemenuhan syarat calon.

See also  KPU Kepulauan Selayar Bentuk Tim Penerima Berkas Caleg

Menyinggung persoalan persyaratan pengajuan bakal calon anggota legislatif, koordinator divisi logistik KPU Kepulauan Selayar, Masmulyadi mengungkapkan, “ada dua hal yang perlu dipenuhi dalam proses pencalonan. Pertama, yaitu syarat pencalonan diajukan oleh partai politik sesuai tingkatannya, jumlah bakal calon paling banyak 100 % dari jumlah kursi yang ditetapkan pada setiap dapil dan disusun dalam daftar bakal calon yang wajib memuat keterwakilan perempuan paling sedikit 30 % disetiap dapil. Kedua, syarat calon seperti diatur dalam Pasal 7 PKPU No. 20 tahun 2018,” ungkap Masmulyadi.  / Fadly Syarif