Kajinews, Sungguminasa  _  Sebanyak 605 calon jamaah haji dari kabupaten gowa kemarin Jum’at (22/06/2018) mengikuti acara pelepasan di Masjid Agung Syekh Yusuf. Sebelumnya, digelar manasik haji yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa ditempat yang sama.

Anwar Abubakar : “605 Calhaj Kabupaten Gowa akan diberangkatkan melalui tiga kloter”.

Pada rangkaian kegiatan tersebut, Anwar Abubakar selaku Kepala Kantor Kemenag Gowa menyampaikan kalau tahun ini kuota haji kabupaten gowa adalah sebanyak 605 orang dan terkait keberangkatan, mereka para duta agama akan dibagi dalam tiga kelompok terbang. Kloter yang dimaksud adalah kloter 5, 6 dan kloter 28.

“Kita mendapat tiga kloter. Untuk kloter 5 jumlah jamaah adalah 279 orang yang akan diberangkatkan pada 19 Juli. Kloter 6 akandiberangkatkan pada 20 Juli sebanyak 84 orang serta untuk kloter 28 akan diberangkatkan pada 8 Agustus sebanyak 249 orang,” jelasnya.

See also  Berikan Pelayanan Maksimal, Manajemen RSUD Syekh Yusuf Keluarkan Maklumat Pelayanan

Sebelum keberangkatan, para jamaah akan jalani manasik untuk waktu 10 hari yang akan dibagi dalam dua sesi. Untuk sesi kecamatan akan dilaksanakan selama 8 hari dimana tempatnya akan disesuaikan kemudian. Sementara untuk sesi kabupaten dilaksanakan dalam dua hari yang pelaksanaannya berlangsung di Masjid Agung Syekh Yusuf, ujar Anwar.

“Manasik haji dilakukan sebagai pembekalan bagi calon jamaah haji dengan tujuan tertib dan lancarnya pelaksanaan yang sesuai tuntunan islam agar bisa menjadi haji mabrur,” papar Anwar.

Adnan : “Siapkan fisik dan Mental agar semua dapat terlaksana dengan baik dan semoga jadi haji mabrur”

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang melepas para calon jamaah haji mengatakan bahwa kegiatan manasik haji sangat bermanfaat bagi para calhaj karena bisa mengetahui tata cara berhaji yang benar sesuai ajaran islam.

See also  Kapolres Pangkep Fasilitasi Bantuan Wagub Sulsel Buat Korban Bencana Alam

Olehnya, dirinya menghimbau kepada para calon jamaah haji agar menyiapkan fisik dan mental sehingga bisa melaksanakan seluruh rangkaian haji.

“Siapkan fisik dan mental untuk melalui rangkaian disana dan kembali kesini dalam keadaan sehat serta menjadi haji yang mabrur,” tutup Adnan.  / Rangga