Home Ragam Kegiatan Forum Keserasian Sosial Untuk Deteksi Dini Dan Cegah Konflik di Masyarakat

Kegiatan Forum Keserasian Sosial Untuk Deteksi Dini Dan Cegah Konflik di Masyarakat

Kajinews, Sungguminasa  _  Kementerian Sosial RI melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial mengucurkan dana bantuan kepada masyarakat melalui Forum Keserasian berdasarkan proposal masyarakat yang terverifikasi secara berjenjang.

Bantuan dimaksudkan untuk melestarikan nilai-nilai kearifan lokal dan mengembangkan nilai-nilai gotong royong di tengah-tengah masyarakat.

Beberapa Kabupaten di Sulawesi Selatan mendapatkan bantuan, diataranya Kabupaten Gowa, Enrekang, Pangkep, Maros, Bantaeng, Pinrang dan Luwu Utara. Demikian halnya dengan Kota Makassar dan Kota Palopo juga mendapatkan kucuran dana serupa.

Untuk Kabupaten Gowa, kucuran dana yang diterima sebesar 450 Juta Rupiah untuk tiga kecamatan, yakni Pattallassang, Bungaya dan Bajeng. Dana tersebut dikucurkan melalui rekening masyarakat, dimana forum keserasian sosial menindaklanjutinya dengan berbagai kegiatan fisik maupun non fisik.

Di Kecamatan Pattallassang, Forum Keserasian Sosial lakukan kegiatan di Desa Pallantikang berupa pengadaan air bersih dan pemasangan jaringan, kegiatan tematik, pembangunan tugu keserasian sosial dan biaya operasional forum keserasian.

Terkait kegiatan non fisik, Forum Keserasian Sosial Desa Pallantikang, pada Rabu (26/09/2018) menyelenggarakan sarasehan, dengan tema “Melestarikan Kearifan Lokal Dalam Menciptakan Keharmonisan”. Kegiatan itu difasilitasi Dinas Sosial Kabupaten Gowa bekerjasama Kepala Desa Pallantikang.

     

Hadir pada kesempatan tersebut, diataranya, Kepala Bidang Perlindungan Dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Sulsel, Abdul Rahman Saleh SH selaku narasumber dan Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Drs H Firdaus SAg MSi, Kepala Seksi Pemerintahan Mulyno Madi mewakili Camat Pattallassang, Kepala Desa Pallantikang Abdul Rasyid, Babinkamtibmas, Babinsa, Ketua BPD Desa Pallantikang, para Ketua RT/Rw serta masyarakat Desa Pallantikang.

Kepala Dinas Sosial yang diwakili Sekertaris Dinas, Drs H Firdaus SAg MSi menyampaikan bahwa melalui bantuan Kementerian Sosial RI diharapkan tercapai keseimbangan dalam pembangunan yang akan bermuara pada terciptanya keharmonisan ditengah-tengah masyarakat.

Lebih jauh, H Firdaus menyampaikan bahwa apa yang dilakukan forum keserasian sosial  diharapkan akan berdampak pada terciptanya ketertiban dan keamanan demi ketentraman bersama.

Selaku tuan rumah, Kepala Desa Pallantikang Abdul Rasyid menyampaikan rasa terimakasih karena bantuan yang diterima sejalan dengan program utamanya, yakni air bersih. Selain itu, menurut dia, program keserasian sosial sangat tepat untuk menetralisir kesenjangan sosial di tengah-tengah masyarakat.

“Alhamdulillah, Program pengadaan air bersih Forum Keserasian Sosial tersebut dapat melayani 5 dusun, sehingga masyarakat saat ini tidak lagi mengalami kesulitan air bersih,” ujar Abdul Rasyid.

Ditempat terpisah, Abdul Rasyid berharap bupati gowa bersama instansi terkait, untuk lebih memperhatikan kebutuhan air bagi petani di daerahnya, mengingat bendungan yang pernah ada sudah tidak dapat dipergunakan, karena rusak. Menurutnya, jika itu bisa dibenahi maka petani dapat melakukan panen dua kali dalam setahun.

Sekaitan dengan Bantuan Kementerian Sosial dan kegiatan Forum Keserasian Sosial, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Pattallassang, Mulyono Madi selain menyampaikan rasa terimaksihnya juga berharap program seperti itu dapat dilanjutkan. Selain itu, Mulyono juga meminta masyarakat untuk terlibat langsung menjaga bantuan yang diterima serta menjaga keamanan dan ketertiban sehingga program pemerintah dapat dirasakan oleh semua.

Pada kesempatan yang sama Pendamping Keserasian Sosial kabupaten Gowa, Muh Jurfi SSi menyampaikan bahwa tahun 2018 ini, ia melakukan pendampingan di tiga kecamatan. Untuk Kecamatan Pattallassang, titiknya di Desa Pallantikang, Kecamatan Bungaya di Desa Buakkang dan untuk Kecamatan Bajeng di Kelurahan Kalebajeng.

Muh Jurfi juga menyampaikan bahwa manfaat program adalah sebagai sarana deteksi dini sekaligus untuk mencegah terjadinya konflik ditengah masyarakat.

“Khusus Desa Pallantikang, masyarakat memilih sarana air bersih untuk pencegahan koflik dimana mereka merasakan selama ini masih kekurangan air bersih sementara dana desa belum bisa menjangkau mereka. Berdasarkan kesepakatan bersama, untuk mencegah terjadinya kesenjangan sosial, maka disepakati bantuan keserasian sosial diberikan kepada  dua dusun yakni Dusun Bilayya dan Dusun, berupa dua sumur bor.

Ia juga mengungkapkan bahwa selain kegiatan fisik, juga dilakukan kegiatan non fisik seperti sarasehan yang memiliki fungsi sebagai sarana rembuk warga membicarakan permasalahan sosial ditengah masyarakat.    / Rangga

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Pokja & PPK Dinas PUPR Jeneponto Dapat Kritik Tajam Dari Lsm Kompleks

Kaji-News, Jeneponto | Proyek Pembangunan Infrastruktur Trotoar/Pedestrian Jalan/Drainase paket IV (empat) Dinas Pekerjaan Umum dan Penetaan Ruang Bidang Bina Marga Kabupaten Jeneponto tahun anggaran...

Lampu Jalan Tidak Berfungsi Normal, Jembatan Kuning Bak Jembatan Bolong

Kajinews, Mamuju  _  Jembatan di kaki Gunung Gandang Dewata yang melintas diatas Sungai Takandeang itu adalah pengganti Jembatan Bolong. Namanya Jembatan Kuning. Terletak di...

Tak Penuhi Espektasi Masyarakat, Jembatan Kuning Mamuju Terabaikan

Kajinews, Mamuju  _  Jembatan dengan konstruksi kolong pertama di Indonesia, Jembatan Kuning bukan hanya kebangaan Sulbar tapi kebangaan masyarakat Indonesia. Sayangnya, saat ini, pengemudi roda...

Letkol Nav Janur Yudo Anggoro MTr (Han) Jabat Danskadik 403 Lanjut Adi Sumarmo

Kajinews, Mamuju  _  Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Adrian P Damanik ST memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Skadron Pendidikan (Danskadik) 403 Lanud...

Kisruh Tambang di Pinrang, Kajati Sulsel Mengaku Berkoordinasi dan Bekerjasama Beberapa Pihak

Kajinews, Mamuju  _  Terkait permasalahan tambang yang ada di wilayahnya, Kajati Sulsel Firdaus Dewilmar SH MH menyampaikan kalau pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa...
%d bloggers like this: