Kajinews, Pasangkayu  _  Selain hadir di Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penanganan Konflik Sosial, Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Drs Baharuddin Djafar MSi juga diminta jadi pemateri, pada Jum’at (31/08/2018) yang berlangsung di Ruang Rapat Pertemuan, Lantai 3 Kantor Gubernur Sulbar.

Kegiatan yang diselenggarakan Kesbangpol Provinsi Sulbar mengusung tema :  Melalui Koordinasi dan Evaluasi Kita Tingkatkan Sinergitas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial dalam Menjaga Keutuhan NKRI.

Hadir sejumlah undangan, diantaranya, Wakabinda, Kepala Kejaksaan Prov. Sulbar serta OPD lingkup Provinsi dan tamu undangan lainnya.

Dalam materinya, Kapolda Sulbar menyampaikan bahwa sesuai tema kegiatan, hal ini tentu ditujukan untuk mengevaluasi hasil pelaksanaan atau tindak lanjut rencana aksi pencegahan dan penanganan konflik sosial.

See also  Warga Selayar Keluhkan Buruknya Infrastruktur Jalan di Kabupaten Kepulauan Itu

“Terkait konflik sosial, Alhamdulillah, sejauh ini tetap kondusif. Hal ini tentu tidak lepas dari kerjasama dan peran serta semua pihak untuk menjaga situasi tetap aman dari segala ancaman dan gangguan,” kata Baharuddin.

Meski demikian, harus tetap dilakukan upaya-upaya preventif. Jika ada potensi konflik, diupayakan agar tidak meluas ataupun membesar.

“Oleh karena itu, diharapkan kegiatan ini menghasilkan suatu rekomendasi yang dapat dijadikan sebagai bahan kebijakan dalam bertindak demi menjaga stabilitas kamtibmas di Sulawesi Barat,” harap dia.

Lebih jauh, Kapolda Sulbar menyampaikan cara jitu agar konflik sosial tidak terjadi, melalui metode memakmurkan masjid dan membimbing para remaja atau generasi penerus agar lebih dekat tuhan sehingga ada iman dalam hati.

See also  Kisruh Tambang di Pinrang, Kajati Sulsel Mengaku Berkoordinasi dan Bekerjasama Beberapa Pihak

Senada, Kejari Sulbar dan Wakabinda menyampaikan hal yang pada intinya mencari cara bagaimana mencegah potensi konflik di wilayah.  / Humas Polda – Jamal