Home Hot Issue Jadi Sorotan Warga Net, Gapura Kambara Diharap Berikan Rasa Aman

Jadi Sorotan Warga Net, Gapura Kambara Diharap Berikan Rasa Aman

Kajinews, Sungguminasa _  Pemerintah Kabupaten, dalam hal ini Bupati Gowa, konsen membangun dan percantik wajah kota kabupaten. Salah satu diantaranya adalah Gapura Jembatan Kambara.

Untuk tahun 2018 ini, melalui Dinas PUPR Gowa, pemerintah gelontorkan dana sekitar 3 miliar untuk lakukan rehabilitasi disana.

Untuk diketahui, pekerjaan konstruksi rehabilitasi gapura kambara dikerjakan oleh Hijrah Bangunan Nusantara melalui tender yang dimenangkannya dengan penawaran Rp 2.997.663.000.

Dua bulan pelaksanaan konstruksi, rehab gapura mulai menarik perhatian warga net. Melalui percakapan grup Whatsapp (WA), netisen pertanyakan kualitas konstruksi rehab gapura kambara.

Menanggapi perbincangan yang terjadi, Direktur CIP Sulfiadi mengatakan kalau keseimbangan bisa ditoleransi dengan posisi sudut kemiringan yang relatif kecil.

Meski demikian ia tetap pertanyakan kekuatan konstruksi secara umum, seperti kekuatan cor serta apakah sudah dilakukan pengetesan terhadap struktur tanah.

Pasalnya, kata dia, pondasi pengecoran nantinya akan memikul beban dari berat besi gapura. Terkait struktur tanah, ia menyebutkan bahwa daerah tersebut adalah pinggir sungai sehingga abrasi akibat aliran sungai harus diperhitungkan.

“Jarak sungai dengan pondasi gapura jembatan kambara, itu lumayan dekat. Sangat penting ada bukti pengetesan yg diistilahkan soundir tanah,” tegas Sulfiadi.

Ia berharap itu sudah dilakukan. Sebab, menurutnya, beban tersebut bertambah dengan aksesoris jembatan yg kemungkinan memakai lagi tali sleng.

“Tetapi, kami berharap semua baik-baik saja dan tak terjadi apa-apa. Saya yakin secara teknis sudah di perkirakan mutu dan jaminan konstruksinya,” harapnya.

Ia mengaku tidak bermaksud mencari kesalahan yang ada. Yang terpenting, kata dia, adalah keamanan dan keselamatan semua pihak, utamanya masyarakat yang sering lalu lalang disana.

“Jadi bukan hanya keindahan yang harus dikejar tapi keamanan dan keselamatan masyarakat yang harus diperhatikan,” tutup Sul. / Larasati M

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Pokja & PPK Dinas PUPR Jeneponto Dapat Kritik Tajam Dari Lsm Kompleks

Kaji-News, Jeneponto | Proyek Pembangunan Infrastruktur Trotoar/Pedestrian Jalan/Drainase paket IV (empat) Dinas Pekerjaan Umum dan Penetaan Ruang Bidang Bina Marga Kabupaten Jeneponto tahun anggaran...

Lampu Jalan Tidak Berfungsi Normal, Jembatan Kuning Bak Jembatan Bolong

Kajinews, Mamuju  _  Jembatan di kaki Gunung Gandang Dewata yang melintas diatas Sungai Takandeang itu adalah pengganti Jembatan Bolong. Namanya Jembatan Kuning. Terletak di...

Tak Penuhi Espektasi Masyarakat, Jembatan Kuning Mamuju Terabaikan

Kajinews, Mamuju  _  Jembatan dengan konstruksi kolong pertama di Indonesia, Jembatan Kuning bukan hanya kebangaan Sulbar tapi kebangaan masyarakat Indonesia. Sayangnya, saat ini, pengemudi roda...

Letkol Nav Janur Yudo Anggoro MTr (Han) Jabat Danskadik 403 Lanjut Adi Sumarmo

Kajinews, Mamuju  _  Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Adrian P Damanik ST memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Skadron Pendidikan (Danskadik) 403 Lanud...

Kisruh Tambang di Pinrang, Kajati Sulsel Mengaku Berkoordinasi dan Bekerjasama Beberapa Pihak

Kajinews, Mamuju  _  Terkait permasalahan tambang yang ada di wilayahnya, Kajati Sulsel Firdaus Dewilmar SH MH menyampaikan kalau pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa...
%d bloggers like this: