Indra Wahyudi Yusuf Camat Sombaopu

Kajinews.com Gowa  _   Kabupaten sehat adalah suatu kondisi wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya dengan mengoptimalkan potensi ekonomi masyarakat yang saling mendukung melalui koordinasi forum kecamatan dan difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan masing-masing desa dan kelurahan sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktifitas dan perekenomian masyarakat.

Melihat pentingnya hal tersebut, pemerintah pusat melalui peraturan bersama  Menteri Dalam Negeri dan Menterian Kesehatan Nomor : 34 Tahun 2005 Nomor : 1138/Menkes/PB/VIII/2005 meluncurkan program Kabupaten/Kota sehat.

Program unggulan yang memiliki sembilan indikator itu merupakan agenda dua tahunan Depkes yang mencoba mengakomodasi dan mengkoordinasikan berbagai program di tingkat Kabupaten  dan Kota melalui peran aktif masyarakat, sehingga dapat menjelma menjadi daya ungkit terhadap kriteria sehat pada segala sektor dan bidang di kabupaten.

See also  Sejumlah Instansi Dalam Kawasan Pelabuhan Makassar Deklarasikan Zona Integritas

Di Kabupaten Gowa, Forum Kabupaten Sehat melakukan verifikasi dan penilaian terhadap 18 kecamatan yang ada. Hal itu disampaikan Camat Sombaopu Indra Wahyudi Yusuf yang ditemui saat melakukan peninjauan di Terminal Pembantu Samata.

Menurut dia, tim kabupaten telah melakukan verifikasi di kecamatan sombaopu. “Selanjutnya, forum kabupaten sehat ke kecamatan pallangga dan kecamatan barombong.

Lebih jauh, Indra menyampaikan bahwa Forum Kabupaten/Kota merupakan wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpatisipasi turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayahnya yang mengintegrasikan berbagai aspek sehingga dapat mewujutkan wilalah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh warganya.

Ia menyebutkan pula bahwa ada tujuh indikator dari sembilan indikator yang dimiliki Kecamatan Sombaopu. Diantaranya adalah kawasan industri dan perkantoran sehat, pemukiman sehat, sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi sehat, pariwisata sehat, posyandu yang terintegrasi dalam kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, ketahanan Pangan dan Gizi yang sehat, kehidupan sosial yang sehat.

See also  Tagana Gowa Jadi Bagian Terdepan Tanggap Darurat Bencana

“Hasil verifikasi dan penilaian Forum Kabupaten Sehat akan diumumkan di hari jadi kabupaten gowa tahun ini. Untuk itu, saya berharap kecamatan sombaopu menjadi penunjang utama kabupaten jadi kabupaten sehat dan meraih penghargaan tertinggi di tingkat nasional,” pungkas camat sombaopu. / Rangga