Pinrang, Kajinews – Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik, Disdukcapil Kab. Pinrang menggelar sosialisasi kebijakan kependudukan dan catatan sipil. Kegiatan tersebut digelar di Aula Kantor Bupati Pinrang, 9 Juni 2021, kemarin.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Pinrang Andi. Askari mengatakan, Sosialisasi yang di gelar Disdukcapil Pinrang mengangkat tema “Ayo ke Desa”.

Menurutnya, program itu mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, program Ayo ke Desa juga merupakan upaya meningkatkan pelayanan kepada publik.

Layanan inovasi “Ayo ke Desa” menurut A. Askari memiliki terobosan seperti layanan pada front office (Akta Kelahiran , Surat Pindah, Akta Kematian/Pencatatan Buku Pokok Kematian dan Kartu Keluarga), dimana, semuanya kini bisa di cetak di Desa/Kelurahan.

See also  Pesta Narkoba Mantan Anggota DPRD Pinrang Berakhir di Hotel Prodeo

Selain itu, kata dia, Sijelita Hati (sistem antar jemput akte kelahiran dan kartu identitas anak) juga merupakan inovasi Disdukcapil Pinrang.

Lebih jauh dikatakan bahwa untuk perekaman KTP-E bisa di lakukan perekaman di kantor camat, sehinggah masyarakat yang mau mengurus dokumen kependudukan tidak perlu mengantri terlalu lama.

Dia juga menambahkan, Inovasi “Ayo ke Desa” mempermudah pengelolaan pendaftaran penduduk yang merupakan tanggung jawab pemerintah kota/kabupaten, dimana, dalam pelaksanaannya diawali dari desa/kelurahan,

“Desa/kelurahan selaku ujung tombak, sehinggah warga terdaftar secara administrasi sebagai warga Negara Indonesia yang diatur dala. Undang- undang No. 24 Thn 2013 tentang administrasi kependudukan”, ungkapnya.

Hadir dalam sosialisasi diantaranya Wakil Bupati Pinrang H. Alimin, para camat se-kabupaten Pinrang, para desa/lurah, lembaga pemerintah dan tokoh masyarakat/lsm. (*)