Home Pemerintahan Berhasil Majukan UMKM, Bupati Gowa Raih Piala Natamukti 2018

Berhasil Majukan UMKM, Bupati Gowa Raih Piala Natamukti 2018

Kajinews, Tangsel – Kabupaten Gowa dibawa kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakilnya, Abd Rauf Malaganni kembali menorehkan prestasi.

Kali ini, Kabupaten Gowa meraih penghargaan Piala Natamukti dari International Indonesia Council for Small Bussiness (ICSB), sebagai Kabupaten yang Mendorong Keberlangsungan UMKM.

Piala Natamukti diterima Bupati Adnan di Graha Widya Bhakti, Gedung 123 Kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (15/11).

Orang nomor satu di Gowa ini mengaku sangat bersyukur atas capaian tersebut, pasalnya UMKM merupakan salah satu program prioritas Pemkab Gowa.

“Tentu saya bersyukur kepada Allah SWT, alhamdulillah program prioritas saya dan Pak Wabup yaitu UMKM unggulan setiap desa/kelurahan mendapatkan apresiasi, ini berkat kerja keras Pemda Gowa dan pastinya tidak lepas dari dukungan seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa, salah satu cara yang dilakukan Pemkab Gowa dalam mengembangkan UKM yakni peningkatan kapasitas melalui pelatihan, mulai proses produksi hingga pemasaran.

Ia mengakui juga kalau dirinya memiliki kebijakan khusus, yang fokus pada pemberian bantuan peralatan bagi UKM dalam rangkaian peningkatan kualitas dan daya saing produk.

“Peran pemerintah daerah dalam mendukung UKM menjadi pilar pendorong utama ekonomi lokal.

Tolak ukur keberhasilan bupati dapat dilihat dari bagaimana mendorong keberlangsungan ukm, serta pemasarannya dengan mendorong peningkatan kualitas.

Dengan menumbuhkembangkan UKM di Kab Gowa, ih kita bisa memperoleh penghargaan Natamukti,” beber Bupati Termuda se Kawasan Timur Indonesia itu.

Sementara itu, President Of ICSB Indonesia, Hermawan Kartajaya mengatakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan roda penggerak ekonomi yang menjadi perhatian pemerintah dan lembaga internasional saat ini.

Hermawan juga menjelaskan ICSME sebagai host Organization ICSB Indonesia, bersama dengan kementerian KUKM menginisisasi penghargaan Piala Natamukti, sebagai apresiasi kepada Kabupaten dan kota yang berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di daerah masing-masing.

“Ada 42 Kabupaten/Kota yang menarima, dimana diantaranya 21 Kota, dan 21 Kab. ICSB sendiri memiliki 85 negara perwkilan yang berkantor pusat di George Washinton University AS,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI, A.A.G.N Puspayoga, sekaligus menyerahkan pengahrgaan Piala Natamukti, berharap agar penghargaan ini menjadi motivasi para kepala daerah, untuk terus berinovasi dalam pengembangan UMKM sebagai penggerak ekonomi kerakyatan. / Rangga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Pokja & PPK Dinas PUPR Jeneponto Dapat Kritik Tajam Dari Lsm Kompleks

Kaji-News, Jeneponto | Proyek Pembangunan Infrastruktur Trotoar/Pedestrian Jalan/Drainase paket IV (empat) Dinas Pekerjaan Umum dan Penetaan Ruang Bidang Bina Marga Kabupaten Jeneponto tahun anggaran...

Lampu Jalan Tidak Berfungsi Normal, Jembatan Kuning Bak Jembatan Bolong

Kajinews, Mamuju  _  Jembatan di kaki Gunung Gandang Dewata yang melintas diatas Sungai Takandeang itu adalah pengganti Jembatan Bolong. Namanya Jembatan Kuning. Terletak di...

Tak Penuhi Espektasi Masyarakat, Jembatan Kuning Mamuju Terabaikan

Kajinews, Mamuju  _  Jembatan dengan konstruksi kolong pertama di Indonesia, Jembatan Kuning bukan hanya kebangaan Sulbar tapi kebangaan masyarakat Indonesia. Sayangnya, saat ini, pengemudi roda...

Letkol Nav Janur Yudo Anggoro MTr (Han) Jabat Danskadik 403 Lanjut Adi Sumarmo

Kajinews, Mamuju  _  Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Adrian P Damanik ST memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Skadron Pendidikan (Danskadik) 403 Lanud...

Kisruh Tambang di Pinrang, Kajati Sulsel Mengaku Berkoordinasi dan Bekerjasama Beberapa Pihak

Kajinews, Mamuju  _  Terkait permasalahan tambang yang ada di wilayahnya, Kajati Sulsel Firdaus Dewilmar SH MH menyampaikan kalau pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa...
%d bloggers like this: