Kaji-news, Takalar _ Usai melaksanakan Apel Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 Tahun 2018, Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah Kabupaten Takalar Drs. H. Arsyad,MM menyerahkan sertifikat gigi massal tahun 2018 kepada perwakilan guru dari SD Center Pattallassang, SD Takalar Lama, SD Kalampa dan SD Pari’risi.
Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan upacara Kantor Bupati Takalar, pada Senin (12/11/2018).

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Farid Moeloek Sp M (K), yang dibacakan Pj Sekda menyampaikan, “perlu saya ingatkan pada para kepala dinas dan kepala puskesmas agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan di daerah masing-masing. Puskesmas dan tenaga kesehatan di dalamnya harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan upaya promosi perilaku hidup bersih dan sehat”.

Pada kesempatan itu Menteri Kesehatan, mengajak seluruh insan
kesehatan baik di jajaran Kementerian Kesehatan maupun di tingkat daerah, agar menjadikan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 sebagai momentum untuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur dan lintas sektor, dalam melaksanakan Pembangunan Kesehatan.

Nila Farid menambahkan, peringatan  hari  kesehatan  nasional  yang digelar tersebut, merupakan momentum untuk meneguhkan kembali  komitmen, menguatkan tekad serta menggugah  semangat, agar senantiasa memberikan pelayanan  terbaik  bagi masyarakat  serta terus berupaya  menyadarkan masyarakat agar  mandiri  dalam aspek kesehatan.

“Mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan. semangat  untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang setinggi-tingginya yang dimulai dari diri kita masing-masing.” ujarnya.

Di luar sambutan Menteri Kesehatan RI, Pj. Sekda menyampaikan harapan Bupati Takalar yang meminta kepada semua aparat Dinas Kesehatan untuk lebih meningkatkan pelayanan sesuai standar yg dipersyaratkan guna mendapatkan Akreditasi dalam pelayanan dan pengelolaan di Puskesmas,  sehingga seluruh Puskesmas di Takalar dapat terakreditasi.

Apel HKN ke 2018 ini, juga dirangkaikan dengan aksi sikat gigi massal yang dilakukan serentak oleh 1000 orang murid SD. / Darwis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here