Sebagai salah satu bagian dari lembaga pendidikan di Kota Makassar, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Handayani punya peran cukup besar dalam memajukan dunia pendidikan.

Dalam perjalanannya, STMIK Handayani selalu mendukung kegiatan-kegiatan keorganisasian mahasiswa di dalam maupun di luar kampus. Seperti MAPALA yang pada Miladnya yang ke-17 nanti akan dilakukan berbagai kegiatan seremonial dan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan pelestarian lingkungan hidup.

Hingga kini, Mapala STMIK Handayani beranggotakan 159 orang dengan Kaderisasi hingga kini sebanyak 20 angkatan. Untuk diketahui, angkatan pertama yang berjumlah 13 orang tersebut mampu melahirkan kader-kader yang handal pada divisi masing-masing yang tak lepas dari support dari seluruh Dewan Pendiri MAPALA STMIK Handayani.

STMIK Handayani dibawah Komando Dr Eng Agussalim MT dinilai sangat peduli terhadap Usaha Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti Mapala. Hal tersebut disampaikan Dewan Kehormatan Mapala STMIK Handayani, Zulfikar Rahman SE. Ia melihat bahwa sebagai Ketua, Agussalim tidak pernah berhenti memberi dukungan terhadap Mapala dalam melaksanakan berbagai aktifitas dan menjalankan roda organisasinya.

Lanjut, Zulfikar menyampaikan bahwa titik kegiatan pada milad yang ke-17 STMIK Handayani nanti akan dilangsungkan di dua tempat yakni Sekretariat Mapala STMIK Handayani dan Kelurahan Cappo Kabupaten Barru, dimana, pada kegiatan tersebut akan sarat dengan mengenang sejarah terbentuknya Mapala STMIK Handayani.

“Pada momentum miladnya yang ke-17 pada 23 Juni 2018 nanti akan sarat dengan nuansa mengenang sejarah terbentuknya MAPALA STMIK Handayani Makassar. Ketika itu, Mapala STMIK Handayani didirikan oleh Ridwan Gaffar S.Kom, Sufriadi Asis S.Kom, Alm Krisna F Finantik S.Kom, Hasanuddin S.Kom, Abd Ali S.Kom dan Ahmad S.Kom,” ujar Zulfikar yang akrab dipanggil Yoka Mayapada.

Selanjutnya, demi kelancaran pembentukan Organisasi Mapala STMIK, Yoka menyampaikan bahwa para tokoh pendiri lakukan koordinasi  dengan pihak Mapala STIEM Bongaya yang kala itu (2000-2001),  Mapala STIEM Bongaya dibawah kepemimpinan Alm Andi Makmum Murat TTP SE.

Yoka Mayapada yang merupakan angkatan pertama sekaligus menjadi anggota Dewan Kehormatan di Mapala STMIK Handayani Makassar  itu juga menyebutkan bahwa apa yang dilakukan para pendiri Mapala STMIK Handayani merupakan bagian penting dari perjalanan Mapala itu sendiri yang hingga kini eksis menjalankan roda organisasi yang melahirkan tiga divisi penting, yakni Divisi Gunung Hutan, Divisi Panjat Tebing dan Divisi Susur Gua.

Kepada awak media, Yoka menyebutkan rentetan susunan acara sehubungan dengan milad ke-17. Inilah jadwal pelaksanaan rangkaian kegiatan yang dimaksud :

  • Sabtu, 23 Juni 2018, Seremonial yang akan dilaksanakan di Sekretaraiat Mapala STMIK Handayani.
  • Sabtu, 30 Juni 2018, Seminar hari lingkungan dan Acara puncak milad yang mengambil lokasi di Kelurahan Cappo Kabupaten Barru.
  • Minggu, 01 Juli 2018, Penanaman pohon mangrove dan Pembersihan disekitar lahan mangrove yang ada di Kelurahan Cappo, Barru.

Sebagai Anggota Dewan Kehormatan di Mapala STMIK Handayani, Zulfikar Rahman SE alias Yoka Mayapada menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Ketua Milad, Riswanda yang telah menyusun dan mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan momen tersebut.  / Rangga

Berikut Para Ketua Umum yang pernah memimpin Mapala STMIK Handayani Makassar :